Select Page

 Animasi untuk Media PembelajaranSeperti yang kita ketahui saat ini, bahwa teknologi sudah semakin canggih dan maju. Begitu juga dengan proses pembelajaran yang juga semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Animasi merupakan salah satu contoh bahwa proses pembelajaran semakin berkembang, karena animasi selain bisa dijadikan sebagai media hiburan, juga bisa menjadi media pembelajaran yang efektif. Kita akan membahas apa saja Manfaat Animasi untuk Media Pembelajaran, Tapi sebelumnya kita akan memperkenalkan dulu tentang animasi terlebih dahulu.

Apa sih animasi itu? Animasi adalah rangkaian dari beberapa gambar yang disusun beraturan agar membentuk suatu gerakan. Animasi untuk media pembelajaran memiliki tujuan untuk memaksimalkan efek visual yang diberi interaksi secara bekelanjutan, sehingga meningkatkan pemahaman bahan yang akan diajarkan. Animasi sebagai media pembelajaran mempunyai kemampuan yang bisa menjelaskan sesuatu yang rumit dengan menggunakan gambar dan kata-kata saja. Dengan adanya media animasi maka guru bisa menjelaskan suatu materi yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata, dengan cara melakukan visualisasi di animasi maka materi dapat tersampaikan dengan jelas. Contohnya seperti sedang menjelaskan materi bagaimana proses kelahiran seorang ibu. Nah tidak mungkin kan kita bisa melihat prosesnya secara langsung, maka dari itu dibuatlah video animasi tentang proses melahirkan seorang ibu, jadi gambaran proses melahirkan tersebut bisa kita tangkap dengan jelas. Jika dibandingkan hanya dengan sebuah kata-kata saja, maka hasilnya tidak akan sama, karena tidak semua orang bisa mengilustrasikan dengan hanya lewat sebuah kata-kata.

Berikut ini adalah manfaat animasi untuk media pembelajaran adalah :

  1. Animasi untuk media pembelajaran bisa menyampaikan sesuatu konsep yang rumit atau kompleks dengan cara visualisasi, sehingga materi bisa tersampaikan dengan jelas.
  2. Animasi digunakan sebagai media pembelajaran mampu menarik perhatian pera siswa dengan mudah, karena biasanya animasi itu dibuat semenarik mungkin.
  3. Animasi untuk pembelajaran juga bisa digunakan untuk menyediakan pembelajaran secara maya, karena kemudahannya untuk dibagikan di jejaring internet.
  4. Media animasi secara visual dan dinamik yang disediakan oleh pihak teknologi animasi yang mampu memudahkan proses penerapan konsep pada pembelajaran
  5. Media animasi mampu menarik perhatian, meningkatkan motivasi anak, dan merangsang pemikiran para pelajar yang lebih berkesan.
  6. Jika media pembelajaran berupa video animasi, maka siswa bisa mengulang-ulang materi pembelajaran yang belum mereka pahami di rumah.

Penggunaan animasi juga memiliki hasil yang beragam antar tingkatan pendidikannya. Biasanya animasi lebih bermanfaat bagi tingkatan sekolah dasar dan pendidikan tinggi jika dibandingkan dengan tingkatan sekolah menengah. Maka dari itu media animasi sangat bermanfaat bagi pembelajaran. Jika  anda ingin mencari jasa pembuatan video animasi, anda tidak perlu khawatir karena kami punya solusinya. Perusahaan Tirta Media Production akan membantu anda dalam pembuatan video animasi. Perusahaan ini sudah sangat berpengalaman di budang jasa pembuatan video-video termasuk video animasi. Untuk informasi lebih lengapnya silahkan anda bisa melihat pada keterangan di bawah ini dan anda juga bisa menghubungi nomor perusahaan kami untuk informasi lebih lengkapnya lagi.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                                     : [email protected]

Website                                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                             : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

 

 

× Hubungi Kami