BERIKLAN DENGAN VIDEO

Bagi sebagian orang, terutama para pelaku indutsri bisnis, beriklan adalah salah satu cara yang ampuh untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada khalayak luas. Iklan pada dasarnya harus memuat pesan yang bersifat informatif. Selain itu, seiring dengan berkembangnya jaman, kemasan iklan haruslah selalu baru dan memiki muatan konten yang kreatif. Walaupun masih ada, beriklan dengan cara konvensional mulai perlahan ditinggalkan. Kebutuhan masyarakat akan informasi yang tidak hanya mengedukasi namun juga menghibur, membuat perlahan-lahan, video menjadi media untuk dunia periklanan.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memasuki proses pembuatan video. Selain konten yang tersusun matang, teknis yang baik dan benar adalah kunci sebuah video agar dapat memanjakan mata para penikmatnya.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN VIDEO

Seperti yang kita ketahui, video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Karean output video anntinya dinikmati oleh banyak pihak, pembuatan video harus benar-benar memperhatikan aspek-aspek yang penting, seperti interaktif. Video yang interaktif, adalah video yang mampu untuk memikat fokus penonton agar terus memperhatikan dan memahami konten dari video tersebut.

Aspek yang lain adalah, membuat sebuah video yang mudah dipahami. Mudah dipahami, bukan berarti membatasi keliaran imajinasi dalam menciptakan video yang menarik. Mudah dipahami di sini, memiliki arti menciptakan sebuah video yang berhasil menyampaikan pesan atau informasi yang ditujukan untuk khalayak luas. Terakhir, video harus mudah untuk diakses dan dibagikan kepada masyarakat. Berkembangnya sosial media, seharusnya memberi akses yang jauh lebih luas kepada para pelaku dunia bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ia punya.

Aspek-aspek di atas, adalah aspek yang harus diperhatikan dari segi konsep. Dari segi teknis, video pun juga harus diperhatikan kualitasnya agar dapat membuat penonton merasa dihibur dengan visualnya yang menarik. Beberapa aspek teknis yang harus diperhatikan dalam pembuatan video iklan adalah adalah :

  1. Gambar, Tipografi, dan Audio yang Jelas.

Jelas di sini memiliki arti mudah untuk dimaknai saat melihat, dan mudah didengar secara langsung. Agar mudah untuk menarik konsumen, video harus jelas mencerminkan apa yang ingin disampaikan oleh pengiklan.

  1. Komposisi Gambar dan Teks yang Proporsional

Dalam pembagian komposisi gambar dan tulisan dalam sebuah video promosi, keteliatan dibutuhkan agar keedua konten tersebut memiliki porsi yang proposional dan sesuai dengan tujuan dibuatnya video tersebut. Hal itu memiliki tujuan agar calon konsumen dapat mengerti dengan maksud dan tujuannya video promosi tersebut .

  1. Sesuaikan Isi Video dengan Kebutuhan

Hindari memasukkan visual atau audio yang tidak terlalu penting ke dalam video iklan. Sebuah iklan harus jelas dan singkat. Menonton iklan dengan durasi yang panjang karena trerlalu banyak memasukkan konten yang tidak penting, tidak akan membuat penonton cepat tertarik

  1. Identitas Produsen yang Jelas

Terakhir adalah penampilan produsen jasa atau produk yang tertera jelas dan intens. Hal ini harus dilakukan agar paara calon konsumen dengan mudah dapat menghubungi pihak produsen jika mereka berminat.

 

Membuat sebuah video yang menarik bukanlah hal yang susah, namun tidak mungkin untuk tidak bisa diwujudkan. Bagi para pebisnis, tak ada salahnya untuk terus mengembangkan sistem pemasaran yang berbeda dan menarik. Kemajuan jaman, tentu juga menuntut kita untuk terus bersaing dengan kompetitor, kan?

 

Leave a reply

× Hubungi Kami - 082232441373 (WA/Telp)