Select Page

video dokumentasiKenapa setiap ada acara harus di buatkan video dokumentasi? Seberapa penting sih membuat sebuah video dokumentasi itu? Jika anda masih ragu untuk mendokumentasikan sebuah acara, silahkan anda simak artikel saya berikut ini. Saya akan menjelaskan seberapa pentingnya membuat video dokumentasi untuk sebuah acara.

Pertama-tama pastinya kita harus mengetahui pengertian video dokumentasi terlebih dahulu. Pada dasarnya, kata “Dokumentasi” sendiri diambil dari bahasa inggris yaitu “Dokumentation” yang artinya menyajikan informasi atau sebuah bukti resmi berupa tulisan, foto, video, dll yang berguna untuk arsip atau catatan. Jadi bisa disimpulkan pengertian bahwa video dokumentasi adalah merekam suatu peristiwa atau acara yang benar-benar terjadi untuk dijadikan sebuah arsip dan catatan. Dalam sebuah video dokumentasi terdapat 2 unsur yaitu gambar (visual), dan kata-kata (verbal).

Berikut ini akan saya jelaskan pentingnya membuat video dokumentasi :

  1. Video dokumentasi dijadikan sebagai arsip

Di sebuah acara seperti seminar, dokumentasi sangat penting untuk dijadikan sebagai arsip dan sebagai bukti kegiatan. Jika acara anda diarsipkan melalui foto atau video yang bagus, maka jika sewaktu-waktu dibutuhkan anda tinggal melihat dokumen tersebut. Sebaliknya jika acara sudah selesai, semua dekorasi yang telah disiapkan untuk acara telah dibersihkan. Berbagai sambutan, nasehat, ataupun arahan dalam acara tersebut akan hilang ditelan oleh waktu, jika acara tersebut tidak terdokumentasikan dengan baik.

  1. Video dokumentasi dijadikan untuk laporan kegiatan

Jika acara yang anda adakan berkaitan dengan pihak sponsor, tentu saja pihak sponsor aka meminta bukti laporan kegiatan tersebut. Dengan adanya dokumentasi video tentunya laporanmu akan lebih mudah diterima oleh pihak sponsor

  1. Video dokumentasi dijadikan sebagai sarana promosi

Bagi anda yang memiliki usaha (EO) event organizer, maka sebuah video dokumentasi merupakan hal yang sangat penting. Karena itu bisa dijadikan sebagai alat promosi kepada calon pengguna jasa anda selanjutnya. Para pelanggan baru bisa melihat dokumentasi event anda sebagai contoh, jadi bisa dijadikan portofolio untuk usaha anda.

  1. Video dokumentasi dijadikan sebagai bahan evaluasi

Mendokumentasikan acara yang anda selenggarakan bisa menjadi bahan evaluasi untuk anda ataupun orang lain yang berkepentingan. Contohnya seperti saat ada acara seminar, jika anda mendokumentasikan acara terebut, maka narasumbernya bisa memahami video tersebut dan melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas nya di masa mendatang.

Setelah anda melihat artikel yang saya buat ini, anda pasti tidak akan membiarkan sebuah acara penting terlewatkan begitu saja tanpa terdokumentasikan dalam sebuah video. Jika anda ragu untuk membuat video dokumentasi sendiri, saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan yang melayani jasa pembuatan video dokumentasi. Salah satunya adalah Perusahaan Tirta Media, perusahaan kami melayani jasa pembuatan video dokumentasi. Perusahaan Tirta Media ini sudah sangat berpengalaman dalam pembuatan berbagai jenis video-video, salah satunya vide dokumentasi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi, perusahaan kami siap membantu. Jika anda ingin mengetahui informasi tentang perusahaan kami lebih banyak, anda bisa mengunjungi situs website kami berikut ini : tirtamedia.co.id . anda juga bisa melihat keterangan dibawah ini untuk informasi lebih lengkapnya, juga bisa langsung menghubungi nomor perusahaan kami di bawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                                     : [email protected]

Website                                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                             : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

× Hubungi Kami