Select Page

Halo gimana kabarnya yang selalu setia menjadi pembaca website ini? Pastinya para pembaca selalu update mengenai informasi videoshooting ini bukan? Pastinya para membaca akan selalu mendapatkan suatu pengetahuan disebut sebagai video shooting yang disuguhkan pada artikel-artikel ini.

Kali ini kita akan membahas suatu topic yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pendengar. Sesuai dengan judul kita hari ini akan menggunakan topik video shhoting profesional yang pastinya akan kalah dengan berbagai jenis video lainnya.

Pasti kita pernah mendengar apa itu video shooting. Beberapa orang mengetahui apa arti video sooting. Apa itu video?, apa itu video shooting?, yang per-tama, video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Ke dua, video shooting ialah kemampuan untuk mengoperasikan kamera video dan pengolahan video kedalam VCD atau DVD.

Bisnis ini sangat menyajikan dalam pesta pernikahan atau ulang tahun dan acara-acara pesta lainnya. Dalam menjalankan bisnis video shooting  persiapkan dengan baik : a) desain produk termasuk scenario, yang biasa  menjadi panduan dengan baik tentang apa  yang dikerjakan selama shooting, b) kesiapan kru dalam menjalankan perannya masing-masing,

  1. c) kesiapan perlengkapan yang juga masih tanggung jawab kru.Berikut gambaran sejumlah fungsi produk (video shooting) sebuah proyek home video yang dilakukan oleh suatu tim kecil terdiri dari 3-5 orang, serta kopetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut.

 

Fungsi sutradara

Fungsi sutradara ialah menerjemahkan bahasa tulisan pada scenario menjadi bahasa visual. Tergantung jenis produk video yang akan dikerjakannya, ai bisa juga berurusan dengan actor atau aktris (atau ‘talent’ yang mengisi peran mendukung ), Cameramen, penata artistic dan kru lainnya.

inilah fungsi sutradara yang mengatur acting artis/talent termasuk juga dialognya Untuk  mendapatkan pameran yang tepat terhadap peran tersebut, sebelumnya dapat juga dilakukan dengan suatu uji peran yang disebut ‘casting’terhadap sejumlah orang yang dinominasikan untuk peran tersebut.

 

Fungsi cameramen

Fungsinya agar membantu sutradara dalam upaya menerjemahkan dari bahasa tulisan ke bahasa visual. Sudut pengambilan gambar amat sangat menentukan keberhasilan penyampaian pesan. Sebagai suatu kontras dapat disebutkan bahwa sudut pengambilan gambar yang tinggi (high angle) terhadap objek dapat menimbulkan kesan ketidak berdayaan objek,

Tips untuk cameramen

  1. Gambar goyang

Solusi : gunakan triphhod kokoh saat shooting video, jika anda memegang kamera dengan tangan maka ikuti tips berikut ini : a) sandarkan tubuh pada suatu yang kokoh, rapatkan pegangan kamera  lalu atur nafas dengan baik, b) lebih baik lagi jika menyandarkan kamera pada suatu yang kokoh.

  1. Terlalu banyak zoom

Gambar zoom tidak baik karena detail obyek sulit tertangkap, focus menjadi sulit disesuaikan (entah manual atau auto focus) dan gambar menjadi mudah goyang. Sebaiknya, gambar close-up yang diambil dari dekat akan memiliki daya tarik yang kuat pada shooting video yang dihasilkan.

  1. Terlalu banyak panning

Ialah pergerakan kamera horizontal ke kiri atau ke kanan yang dilakukan seorang cameramen ketika hendak mengambil gambar keadaan sekeliling . berbagai dengan pan lembut yang dapat menambah dinamis gambar, pan yang cepat akan memusingkan pemursa.

  1. Gambar tidak focus (blir)

Cameramen diamatikan diasumsikan menggunakan kamera dengan setting auto focus, ini sering sekali disebabkan pergerakan kamera (pan) yang terlalu cepat, padahal fitur auto focus kamera kadang membutuhkan waktu sepersekin detik untuk mengenali focus objek.

  1. Salah pencahayaan

Kemampuan seorang cameramen penggunaan cahaya baik alam ataupun buatanakan merupakan penentu keunggulan

Fungsi pencahayaan

Tips pencahayaan

  1. Kontras warna (gelap-terang)
  2. Cahaya ‘lembut’dan’keras’
  3. Ferlektor
  4. Arah cahaya

 

“tirtamedia production adalah perusahaan professional yang melayani pembuatan video profil, video safety induction, video animasi 2D&3D, video animasi 2D&3D, video dokumentasi, video iklan dan digital marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungu : wa/telepon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.cpm/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

× Hubungi Kami