Select Page

APA ITU BRANDING? BERIKUT ADALAH PENGERTIANNYA

Dalam setiap bisnis, setiap perusahaan pasti membutuhkan yang namanya branding agar merek produk yang kita jual bisa melekat dibenak konsumen. Apa sih branding itu? Mudahnya, branding merupakan nama atau merek dari sebuah bisnis yang sedang kita jalankan. Terus kenapa branding bisa sangat penting bagi perusahaan? Agar setiap konsumen yang sedang membutuhkan jenis produk seperti yang kita jual, bisa langsung terpikirkan untuk membeli merek produk kita. Branding berbeda dengan marketing. Jika branding adalah nama dari sebuah bisnis, maka marketing merupakan strategi untuk membangun nama dari brand bisnis.

Jika tujuan dari branding adalah agar nama produk kita bisa selalu diingat oleh konsumen, maka apa yang dilakukan perusahaan agar bisa mencapai hal tersebut? Biasanya perusahaan akan membanguin citra positif dan reputasi perusahaan untuk selalu terlihat menarik dimata konsumen dan membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Branding dari perusahaan bisa dilihat dari suatu nama, logo, dan slogan yang dipakai dan melekat dibenak konsumen. Umumnya, branding dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum terlalu dikenal manyarakat. Jika perusahaan memiliki suatu brand yang bagus, maka perusahaan tersebut akan mudah untuk melakukan penjualan produk. Jadi, perusahaan bisa mendapatkan banyak keunggulan. Salah satunya adalah mendapat banyak keuntungan.

FUNGSI BRANDING DALAM SUATU BISNIS

Sebenarnya banyak sekali fungsi branding, berikut ini ulasa lengkapnya.

  1. SEBAGAI PEMBEDA

Fungsi branding dalam suatu bisnis yang pertama adalah sebagai pembeda. Setiap produk yang mempunyai brand yang kuat, maka konsumen akan mudah untuk membedakannya dengan brand dari produk perusahaan lain. Selain itu, branding juga dapat memberikan penanda dan ciri khas suatu produk. Sehingga produk perusahaan dapat selalu diingat konsumen.

  1. UNTUK PROMOSI DAN DAYA TARIK

Jika suatu produk memiliki brand kuat dan terkenal, maka hal tersebut akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi konsumen. Sehingga produk akan lebih mudah untuk dipromosikan kepada masyarakat. Dalam hal inilah fungsi dari apa itu branding sangat penting untuk bisnis dari suatu perusahaan.

  1. MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN

Fungsi selanjutnya adalah untuk membangun citra perusahaan. Jika suatu perusahaan memiliki citra yang bagus dimata konsumen, maka produk dari perusahaan akan mudah dikenali oleh konsumen dan menunjukan bahwa kualitas dari produk kita sangat bagus dan tidak perlu diragukan lagi.

  1. ALAT PENGENDALI PASAR

Setelah aktivitas branding dilakukan, maka produk perusahaan akan memiliki nama yang mudah dikenal. Tentunya hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengendalikan pasar. Pengendalian pasar ini bisa dilakukan karena masyarakat luas sudah menganal dan mengingat merek dari produk kita dengan baik.

  1. UNTUK MEMPENGARUHI PSIKOLOGI KONSUMEN

Fungsi terakhir branding dalam bisnis adalah untuk mempengaruhi psikologi konsumen. Jika suatu produk sudah memiliki brand yang kuat, maka konsumen akan percaya dan menganggap perusahaan tersebut professional. Hal ini jelas berbeda dengan produk yang tidak mempunyai brand. Konsumen jelas akan memandang sebelah mata karena kurang percaya.

Banyak sekali cara yang dilakukan perusahaan untuk membangun branding. Salah satunya adalah membuat iklan agar produk mereka bisa sampai ditelinga masyakat luas. Banyak sekali yang membuka jasa untuk pembuatan iklan. Salah satunya adalah PT. TIRTA MEDIA PRODUCTION.

Di PT. TIRTA MEDIA PRODUCTION kalian bisa memesan banyak sekali jenis iklan yang akan dikerjakan oleh tim khusus yang sudah berpengalaman dibidangnya. Tunggu apa lagi? Kalian bisa kepoin kami pada alamat di bawah ini.

 

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : [email protected]

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut :

https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

× Hubungi Kami