Select Page

video safety briefingVideo safety briefing atau bisa juga disebut sebagai video safety induction. Video safety briefing ini diperlukan bagi setiap perusahaan yang ada di Indonesia. Bahkan saat ini sudah ada undang-undangnya sendiri yang mengatur tentang safety briefing di perusahaan.

Safety Briefing atau safety induction diatur pada UU No.1 tahun 1970, Bab V tentang pembinaan pada pasal 9 ayat 1 dan 2 yang menyatakan bahwa :

  • Pengurus diwajibkan menunjukan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru tentang:
  • Kondisi-kondisi dan bahaya-bahaya serta yang dapat timbul dalam tempat kerjanya.
  • Semua pengamanan dan alat-alat perlindungan yang diharuskan dalam tempat kerjanya.
  • Alat-alat perlindungan diri bagi tenaga kerja yang bersangkutan;
  • Cara-cara dan sikap yang aman dalam melaksanakan pekerjaannya.
  • Pengurus hanya dapat memperkerjakan tenaga kerja yang bersangkutan setelah ia yakin bahwa tenaga kerja tersebut telah memahami syarat-syarat tersebut diatas.

Berdasarkan penjelasan undang-undang di atas maka dapat disimpulkan bahwa Safety Briefing adalah sebuah pengarahan tentang K3 yang berkaitan dengan potensi bahaya, mengendalikan saat ada bahaya, alat pelindung diri yang diwajibkan, tata cara penyelamatan pada saat terjadi bahaya, dan lain sebagainya. Materi trsebut wajib disampaikan kepada setiap pekerja baru atau tamu yang berkunjung ke area kerja.

Isi Safety Briefing

Apa saja isi materi yang ada dalam safety briefing, yaitu :

  1. Kebijakan suatu perusahaan atau instansi
  2. Potensi bahaya yang ada dalam perusahaan
  3. Keajiban bagi para tamu yang berkunjung untuk menggunakan pelindung seperti yaitu menggunakan APD (alat pelindung diri)
  4. Menjelaskan fasilitas yang ada pada perusahaan
  5. Memberi tahu jalur evakuasi dan tempat berkumpul pada perusahaan saat terjadi keadaan darurat
  6. Memperkenalkan team dan struktur tanggap darurat
  7. Jadwal kegiatan HSE yang diadakan perusahaan untuk melatih keadaan darurat

Berikut ini merupakan poin-poin yang ada dalam safety induction. Sebenarnya apa yang akan anda cantumkan pada video safety briefing ini tergantung dengan perusahaan masing-masing.biasanya isinya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Apakah hanya seorang petugas HSE saja yang bisa menyampaikan video safety briefing? Tentu tidak, siapapun boleh menyampaikan video safety briefing. Jadi jika petugas HSE nya sedang berhalangan hadir dan ternyata ada yang membutuhkan pengarahan safety induction. dengan penggunaan video safety briefing atau induction ini maka materinya dapat disampaikan kepada siapapun dengan materi yang sama.

Jika anda berminat untuk membuat video safety brefing, dan anda ingin mencari perusahaan profesional yang melayani jasa pembuatan safety briefing. Maka anda tidak perlu khawatir lagi karena saya punya solusi untuk itu. Perusahaan Tirta Media merupakan perusahaan yang terjun dalam bidang pembuatan video safety briefing. Perusahaan kami sudah sangat berpengalaman jika anda ingin tahu hasil video safety briefing yang perusahaan kami buat, maka anda bisa menghubungi nomor di bawah ini. dan jika anda ingin tahu lebih dalam lagi anda juga bisa mengunjungi situs web kami yaitu tirtamedia.co.id

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                                     : [email protected]

Website                                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                             : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw