Select Page

Kalian tahu apa itu Video Animasi? Video animasi adalah Suatu gambar yang digerakkan seolah-olah gambar itu menjadi hidup, gambar tersebut berasal dari kumpulan beberapa objek yang disusun beraturan dalam tempo waktu tertentu agar gambar tersebut tampak bergerak. Objek tersebut biasanya berupa manusia, hewan, tumbuhan, tulisan, dan lain sebagainya. Pada video animasi biasanya frekuensi 24fps (frame per second) agar gerakannya terlihat lebih halus.

Di zaman sekarang ini membuat video animasi sudah menggunakan komputer dan peralatan canggih lainnya. Dulu membuat konten animasi bisa menggunakan gambar tangan yang di gam

bar per frame nya, namanya adalah flipbook. Video animasi ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

  1. Bisa digunakan untuk media presentasi

Ini adalah yang paling dasar bagi kita, karena presentasi sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku SMP dan dipakai terus untuk dunia kerja. Berikut ini adalah contoh bidang yang dipresentasikan : projek kerja, media kesehatan, penelitian, media pembelajaran. Tujuan animasi untuk media presentasi supaya yang melihat tidak bosan.

  1. Bisa untuk media pembelajaran

Zaman sekarang teknologi sudah modern, biasanya para bapak ibu pengajar ditutut untuk membuat metode pembelajaran yang menarik, supaya para siswa menjadi lebih semangat dan tidak bosan saat belajar. Animasi juga membantu para bapak ibu pengajar untuk menyampaikan materi yang akan diajarkan dan para siswa juga lebih mudah memahami materinya jika dijelaskan melalui video animasi.  Contohnya seperti saat sedang menjelaskan tentang pergerakan tata surya, proses pencernaan manusia, dan lain sebagainya.

  1. Sebagai Media Promosi

Media Promosi pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan ini, sekarang ini media promosi sudah banyak menggunkan video animasi, karena dengan menggunakan video animasi sebagai media promosi maka calon pelanggan anda akan tertarik untuk melihat promosi anda.

  1. Bisa digunakan untuk visualisasi

Jadi begini, jika anda memiliki sebuah proyek atau pekerjaan, anda pasti membutuhkan gambaran tentang pekerjaan itu dari awal sampai akhir kan. Nah jadi animasi ini berfungsi untuk membuat gambaran realisasi proyek yang tidak bisa dicontohkan secara langsung. Contohnya nih ya, seperti di bidang medis yaitu cara memasang kawat gigi, proses operasi Caesar, bedah gusi, dll.

Nah sekarang kita akan membahas tentang tipe-tipe animasi. Apa saja tipe-tipe animasi itu, yuk simak terus ya.

video animasi

video animasi

Tipe-Tipe Animasi

  1. Animasi Tradisional

Animasi Tradisional merupakan tipe animasi paling tua. Cara membuat animasi tradisional ini adalah, sang animator harus menggambar setiap frame satu persatu di atas kertas transparan seluloid. Nah itu juga kenapa animasi tradisional sering disebut sebagai animasi sel. Animasi tradisional ini dibuat dalam bentuk 2D.

  1. Animasi 2D

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa animasi tradisional dibuat dalam bentuk 2D, tetapi cara pembuata animasi 2D tidak hanya terbatas dalam animasi tradisional saja, tetapi juga bisa menggunakan gambar vector.

  1. Animasi 3D

Nah animasi tipe ini yang sekarang banyak digunakan. Dengan bantuan software animasi 3D seperti Blender animator bisa menggerakkan bagian tubuh karakter dan hasilnya seperti nyata, karena memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

  1. Motin Graphic

Banyak orang beranggapan bahwa motion graphic dan animasi itu sama, padalah motion graphic itu merupakan bagian dari animasi. Motion graphic menggabungkan unsur animasi dengan desain grafis. Biasanya motion graphic ini sering digunakan untuk iklan, tampilan judul film, dan kredit film.

Ternyata animasi itu memiliki banyak jenis ya, begitu juga dengan manfaatnya. Untuk anda yang berada di daerah Surabaya dan sekitarnya yang tertarik untuk membuat animasi dan membutuhkan jasa pembuatan animasi, anda tidak perlu khawatir lagi. Perusahaan Tirta Media merupakan perusahaan yang melayani jasa pembuatan animasi terbaik di Surabaya. Perusahaan kami sudah sangat berpengalaman dalam pembuatan berbagai jenis video. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa melihat keterangan dibawah ini atau menghubungi nomor di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                                     : [email protected]

Website                                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                             : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

× Hubungi Kami