Select Page

Video safety induction

Apa itu video safety induction? Pertama-tama kita harus mengetahui dahulu apa itu Safety Induction. Safety induction adalah pengarahan dan pelatihan keselamatan kerja yang ditujukan untuk karyawan baru atau tamu yang baru pertama kali datang ke perusahaan anda. Safety induction ini memiliki tujuan untuk memberitahukan kemungkinan kecelakaan dan kesehatan kerja umum selama berada dalam lingkungan perusahaan anda. Safety induction ini wajib diberikan kepada orang orang baru yang akan bekerja atau berkunjung  ke perusahaan anda karena keselamatan kerja merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk menjaga nama baik perusahaan, juga untuk meningkatkan kualitas perusahaan tersebut.

Apa saja materi yang ada dalam safety induction atau pelatihan keselamatan kerja. Biasanya materi dalam safety induction disesuaikan dengan tempat kerja masing-masing. Namun umumnya materi dri safety induction adalah sebagai berikut :

  1. Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam perusahaan
  2. Pegenalan terhadap area khusus yang ada di perusahaan seperti tempat ibadah, toilet, smoking area, dan lain-lain
  3. Peraturan standart seperti tidak boleh membawa senjata tajam, tidak boleh tidur pada waktu jam kerja, dan lain-lain.
  4. Alat pelindung tubuh yang harus dipakai selama kerja, biasanya alat pelindungnya disesuaikan dengan perusahaan.
  5. Prosedur saat keadaan darurat, seperti mengetahui cara menggunakan alat darurat.
  6. Prosedur cara melaporkan jika ada kecelakaan.
  7. Bahaya tertentu pada area tempat bekerja dan cara mengendalikannya.
  8. Khusus untuk kontraktor, harus bisa menjelaskan prosedur pembuatan izin kerja.

Mengikuti perkembangan zaman yang sudah maju, sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan menggunakan jasa video animasi. Kenapa perusahaan-perusahaan menggunakan jasa video untuk safety induction. Karena jika safety induction disampaikan melalui media video, tentu yang melihat tidak akan bosan. Kebanyakan manusia itu lebih suka penyampaian informasi melalui visual dan audio yaitu dengan menggunakan video dibanding penyampaian informasi melalui text, atau hanya dijelaskan secara langsung.

Penyampaian safety induction akan menjadi lebih praktis jika melalui video, dibandingkan melalui petugas. Hal ini akan membantu pekerjaan para petugas K3/ HSE untuk menyampaikan informasi mengenai safety induction, bagaimana jika petugas tidak berada di tempat padahal saat itu ada tamu, kontraktor, atau karyawan yang sedang ada yang membutuhkan safety induction.

Alasan kenapa perusahaan wajib memiliki video safety induction adalah :

  1. Video adalah media yang penyampaiannya mudah dipahami oleh banyak orang.
  2. Seluruh materi yang akan disampaikan akan di masukkan dalam satu video yang ringkas. Dan video tersebut dapat diulang-ulang.
  3. Pesan yang akan disampaikan akan lebi menarik jika menggunakan video.
  4. Video penyampaian safety induction yang disertai grafis animasi yang menarik dan musik akan membuat video semakin hidup.
  5. Jika petugas K3/ HSE yang berwenang menyampaikan video safety induction berhalangan hadir, maka dapat digantikan oleh siapa saja.

Baca juga : Jasa Pembuatan Safety Induction

Nah 5 poin diatas apakah sudah cukup untuk meyakinkan anda para pebisnis untuk membuat penyampaian safety induction anda lebih praktis yaitu dengan menggunakan video safety induction. Anda tidak perlu bingung mencari cara untuk membuat video safety induction. Karena perusahaan kami, Perusahaan Tirta Media dapat membantu anda membuat video safety induction. Perusahaan kami sudah sangat berpengalaman dalam pembuatan video-video. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan melihat keterangan di bawah ini, dan bisa menghubungi nomor perusahaan di bawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                                     : [email protected]

Website                                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                             : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

× Hubungi Kami