Teknik Pencahayaan Outdoor Fotografi

Anda pecinta fotografi? Atau sedang tertarik menggunakan jasa fotografi professional untuk mengabadikan momen special anda dengan nuansa outdoor?

Jika anda adalah salah satunya, maka anda juga harus paham paling tidak sekelumit tentang teknik memotret di area outdoor agar foto yang dihasilkan Nampak memukau. Teknik memotret di luar ruangan sedikit berbeda dengan di dalam ruangan, hal tersebut disebabkan meskipun cahaya yang masuk banyak, kita tidak selalu mendapat foto yang bagus. Terutama apabila objek yang kita foto adalah manusia alias foto portrait.

 

teknik-pencahayaan-outdoor-fotografi-yang-perlu-anda-ketahui

 

Butuh jasa pembuatan video dokumentasi? Cek www.tirtamedia.co.id

 

Beberapa kendala saat memotret manusia/portrait adalah objek terkena silau matahari sehingga mata mereka sering menyipit, dan bayangan gambar sering terlihat menonjol di beberapa bagian. Lalu bagimana teknik supaya mendapat hasil foto yang bagus? Simak beberapa tips tata cahaya fotografi di bawah ini untuk membantu anda memahami menghasilkan foto outdoor yang bagus.

 

teknik-pencahayaan-outdoor-fotografi-yang-perlu-anda-ketahui-2

 

  1. Perhatikan Pencahayaan di Lokasi Pemotretan
    Unsur tata cahaya merupakan hal penting dalam fotografi. Para fotografer harus mampu mengenali karakteristik cahaya di lokasi pemotretan, jika dirasa kurang mendukung, disarankan untuk menunggu beberapa waktu.
  2. Mencoba Berbagai Kondisi Cahaya
    Jika telah memaham karakteristik cahaya, selanjutnya bereksperimenlah dengan kondisi tata cahaya fotografi. Jangan membuang-buang waktu hanya untuk menunggu Golden Hour (waktu yang tepat untuk memotret karena kondisi cahaya sedang bagus-bagusnya, biasanya 1 jam setelah terbit matahari dan 1 jam sebelum matahari terbenam). Coba lah memotret pada kondisi cahaya yang berbeda.
  3. Meperhatikan Arah Cahaya
    Perhatikan arah cahaya di lokasi pemotretan, salah-salah malah bisa terkena backlight (objek membelakangi sumber cahaya sehingga objek yg difoto terlihat gelap sementara background terlihat terang). Posisikanlah backlight dengan tepat agar menghasilkan foto dengan pencahayaan yang keren.
  4. Gunakan Flash Sebagai Fill In
    Pe flash di siang hari bukanlah hal yang aneh karena flash bisa digunakan untuk menerangi bagian objek yang gelap karena objek membelakangi sumber cahaya (backlight). Manfaatkan fitur flash compensation di dalam kamera kamu supaya bisa mengontrol seberapa besar intensitas flash yang dikeluarkan.
  5. Cobalash Memanfaatkan Reflektor
    Reflektor bermanfaat untuk memantulkan cahaya ke objek yang difoto untuk menerangi bagian yang terkena bayangan. Karena fungsi reflektor itu untuk memantulkan cahaya, Anda bisa menggunakan apapun yang dapat memantulkan cahaya.
  6. Mengambil Gambar di Tempat Teduh
    Memotret di tempat yang teduh dapat melindungi objek dari terik matahari dan mengurangi cahaya yang mengenai objek. Meskipun di tempat teduh, pastikan cahayanya cukup agar bayangan objek rata.

Sumber: http://www.idseducation.com

Related Posts

Leave a reply

× Hubungi Kami - 082232441373 (WA/Telp)